Preloader
"Informasi Kesehatan dan Nutrisi Tepercaya"
collaboration with Departemen Ilmu Gizi FKUI dan RSCM


5 Menu Makan Siang yang Harus Dihindari
image description

Masih bingung menentukan menu makan siang Anda? Silakan simak artikel berikut ini.

Menurut pepatah, makan pagi memang merupakan menu makanan yang paling penting dalam sehari. Namun demikian, bukan berarti lantas kita bisa sembarangan mengonsumsi makanan untuk makan siang.

Selain pengaturan porsi makanan, pengaturan menu makanan yang boleh dan tidak boleh kita makan juga penting untuk diperhatikan. Berikut adalah contoh menu makanan yang sebaiknya Anda hindari untuk disantap saat makan siang.

Roti Putih

Roti putih memiliki indeks glikemik yang tinggi. Jika dikonsumsi dalam jumlah banyak pada saat makan siang, kadar gula darah Anda akan meroket tajam – namun akan turun juga dengan cepat. Hal ini dapat menyebabkan Anda mengantuk dan lapar lagi dengan cepat.

Karena cepat merasa lapar kembali, Anda pun akan tergoda untuk makan kembali. Hal tersebut tentunya akan berakibat tidak baik untuk berat badan Anda.

Mayonais

Udang goreng mayonais tentunya merupakan menu favorit sebagian besar orang. Namun tahukah Anda, satu sendok makan mayonais ternyata mengandung hampir 100 kalori! Terlebih lagi, sebagian besar kalori tersebut disumbang oleh lemak. Bayangkan berapa banyak mayonais yang Anda santap dalam satu kali makan siang.

Kentang Goreng

Kentang goreng memang sangat nikmat, apalagi jika disantap dalam keadaan hangat dan garing. Namun tahukah Anda, kentang goreng bukanlah pilihan yang baik sebagai menu makan siang. Kentang goreng hanya mengandung ‘kalori kosong’, mengenyangkan dan menimbun kalori tanpa memberikan protein, serat, dan zat gizi lainnya.

Minuman Manis

Minuman manis yang dingin dan segar tentunya akan sangat nikmat untuk diseruput bersamaan dengan menu makan siang Anda. Di hari yang panas, minuman dingin yang manis tentunya dapat sangat menawarkan dahaga.

Namun demikian, Anda harus menghindari minuman manis karena mengandung tinggi kalori dan gula yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan – terutama jika dikonsumsi terlalu sering dalam jumlah yang berlebihan. Selain menyebabkan obesitas, konsumsi minuman manis berlebihan dapat meningkatkan risiko diabetes mellitus.

Pasta

Jika dikonsumsi dalam jumlah yang sewajarnya, sebenarnya mengonsumsi pasta untuk makan siang sah-sah saja. Masalah yang terjadi adalah ketika Anda cenderung untuk mengonsumsi pasta dalam jumlah yang banyak yang diiringi dengan sedikit protein dan serat.

Tentunya Anda menyadari bahwa rata-rata menu pasta tidak memiliki – atau hanya sedikit mengandung komponen protein dan serat. Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati dalam memilih menu pasta yang memiliki cukup protein, serat, dan mengonsumsinya dalam jumlah yang tidak berlebihan.

Junk Food

Mengonsumsi junk food untuk makan siang memang merupakan pilihan yang mudah, relatif murah, dan cepat. Namun demikian, junk food bukan pilihan yang baik untuk makan siang, karena mengandung tinggi kalori dan lemak jahat yang dapat membahayakan kesehatan Anda.

Salad

Salad memang merupakan makanan yang sehat. Kaya serat dan rendah kalori. Namun demikian, segala sesuatu yang sehat belum tentu selalu baik. Salad bukanlah pilihan yang tepat untuk dijadikan menu makan siang. Jika Anda mengonsumsi salad untuk ‘makan berat’ seperti makan siang, dikhawatirkan Anda tidak bisa mendapatkan gizi dan kalori yang cukup untuk beraktivitas di sisa hari.

Apabila Anda ‘ngotot’ ingin makan salad, pastikan salad yang Anda konsumsi mengandung protein seperti ikan atau ayam, dan juga lemak baik dari kacang-kacangan dan alpukat.

Nah, itu dia sederet menu makanan yang sebaiknya dihindari saat Anda makan siang. Selamat hidup sehat!

dr. Karin Wiradarma, dr. Dyah Eka Andayani, M.Gizi, SpGK

tags: makan siang