Preloader
"Informasi Kesehatan dan Nutrisi Tepercaya"
collaboration with Departemen Ilmu Gizi FKUI dan RSCM


Inilah Nutrisi untuk Bantu Atasi Kulit Kering
image description

Kulit Anda kering? Selain perawatan kulit dari luar, Anda pun memerlukan bantuan nutrisi dari dalam untuk mengatasi kulit kering.

Memiliki kulit kering sangat mengganggu. Kulit terasa kencang, tertarik, dan kusam. Bahkan, jika sedang parah-parahnya, kulit bisa menjadi gatal, perih, dan mengelupas.

Mengatasi kulit kering tidak cukup hanya dengan merawat kulit dari luar. Asupan nutrisi dari dalam juga tidak dapat dilupakan. Apa saja nutrisi yang dapat dikonsumsi untuk dapat membantu mengatasi kulit kering?

Air Putih

Kulit mengandung 30% air, di mana kandungan air tersebut berkontribusi kepada kelembapan dan kekenyalan kulit. Untuk menjaga agar kulit tetap lembap dan kenyal, Anda harus memenuhi kebutuhan air harian tubuh– yakni minum 8 gelas air dalam sehari.

Vitamin C

Vitamin C dapat membantu pembentukan kolagen yang dapat membantu menjaga kekenyalan dan elastisitas kulit – yang umumnya rendah pada kulit kering. Makanan yang mengandung vitamin C adalah kiwi, jeruk, lemon, brokoli, buah beri, tomat, dan papaya.

Vitamin E

Vitamin E sangat penting untuk membantu menjaga kelembapan kulit. Vitamin E bisa Anda dapatkan dari kacang-kacangan, minyak biji bunga matahari, dan minyak kacang kedelai.

Omega-3

Selain vitamin E, asam lemak esensial omega-3 juga dapat membantu menjaga kelembapan kulit. Anda dapat mengonsumsi ikan salmon, ikan tuna, ikan sarden, dan biji rami (flax seed).

dr. Karin Wiradarma, dr. Dyah Eka Andayani, M.Gizi, SpGK