Preloader
"Informasi Kesehatan dan Nutrisi Tepercaya"
collaboration with Departemen Ilmu Gizi FKUI dan RSCM


Bisakah Cairan Tubuh Digantikan oleh Air Kelapa?
image description

Saat tubuh kekurangan cairan setelah berolahraga, bisakah kita menggantikan cairan tubuh dengan mengonsumsi air kelapa?

Olahraga telah menjadi gaya hidup sebagian besar masyarakat modern, terutama mereka yang tinggal di kota besar.

Banyak orang yang kini menggandrungi lari, mulai dari lari jarak pendek, menengah, hingga marathon. Fenomena tersebut tentunya tidak disia-siakan, melihat banyak institusi dan perusahaan yang menggelar berbagai acara maupun lomba lari yang menarik partisipasi masyarakat.

Selain itu, banyak pusat kebugaran (gym atau fitness center) yang menjamur di pelosok kota, terutama kota besar. Banyak masyarakat yang berbondong-bondong mendaftarkan diri menjadi anggota pusat kebugaran tersebut, baik untuk mengikuti berbagai macam kelas yang ditawarkan, sekadar latihan angkat beban, atau menggunakan berbagai peralatan modern nan lengkap yang disediakan.

Hilangnya Cairan Tubuh

Olahraga boleh menjadi kegiatan mengasyikkan, menyehatkan, dan menjadi tren dewasa ini. Meskipun demikian, ada satu hal penting yang tidak boleh luput dari perhatian, hilangnya cairan tubuh selama berolahraga.

Saat kita berolahraga, keringat yang keluar juga akan membawa cairan dan elektrolit keluar dari tubuh kita. Untuk tetap menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh, kita harus mengganti cairan dan elektrolit yang keluar.

Kegagalan mengganti cairan dan elektrolit yang keluar dapat menyebabkan dehidrasi dan ketidakseimbangan elektrolit. Apabila hal tersebut tidak teratasi, dapat mengakibatkan kelemahan tubuh, gangguan performa olahraga, penurunan kognitif, serta gangguan pengaturan suhu tubuh dan fungsi kardiovaskular.

Pilihan Jenis Minuman

Terdapat berbagai jenis cairan yang dapat dikonsumsi untuk menggantikan cairan dan elektrolit tubuh yang hilang tersebut, yakni air putih, minuman khusus olahraga, dan air kelapa.

Air putih memang mengandung elektrolit, namun dalam jumlah yang lebih sedikit daripada minuman khusus olahraga. Selain itu, apabila seseorang melakukan olahraga intensitas berat dan dalam waktu yang lama (lebih dari 75 menit), ia pun membutuhkan karbohidrat – yang mana tidak terdapat di dalam air putih.

Bagi mereka yang lebih memilih minuman berelektrolit yang alami dengan kandungan gula yang lebih rendah, dapat memilih air kelapa.

Kesegaran dan Manfaat Air Kelapa

Selain rasanya yang enak dan menyegarkan – terutama jika dikonsumsi dingin-dingin – air kelapa juga memiliki kandungan yang lengkap dan mirip dengan cairan tubuh.

Air kelapa mengandung karbohidrat dan elektrolit seperti kalium, natrium, klorida, magnesium, mangan, dan kalsium. Selain itu, air kelapa juga mengandung serat, protein, dan vitamin C. Vitamin C merupakan antioksidan yang dapat membantu menangkal radikal bebas yang timbul ketika berolahraga, terutama pada orang yang tidak terbiasa berolahraga atau yang melakukan olahraga dengan intensitas berat.

Banyak penelitian yang telah membuktikan kemampuan air kelapa untuk mengganti cairan dan elektrolit tubuh. Bahkan saat perang dan fasilitas terbatas, air kelapa dapat digunakan sebagai cairan infus – meskipun untuk sekarang ini tidak direkomendasikan karena alasan sterilitas dan keamanan.

Pengganti Oralit

Selain bermanfaat untuk mengganti cairan tubuh yang hilang saat berolahraga, air kelapa juga dapat menjadi alternatif oralit dalam menggantikan cairan tubuh yang hilang saat diare dan muntah.

Karena rasanya yang agak manis secara alami, air kelapa juga dapat dikonsumsi dalam jumlah banyak tanpa menimbulkan mual dan perut kembung.

Jadi, apabila Anda memerlukan minuman untuk mengganti cairan dan elektrolit tubuh yang hilang, Anda dapat mencoba air kelapa.

dr. Karin Wiradarma, dr. Dyah Eka Andayani, M.Gizi, SpGK